09 Januari 2011

Waspadai Celah Baru pada Windows !

Bagi kawan-kawan yang menggunakan sistem operasi Windows, Microsoft memperingatkan bahwa sebuah bug baru telah ditemukan di Windows yang memungkinkan hacker untuk menyisipkan aplikasi jahat di dalamnya. Hal itu pun diakui Microsoft dan berencana segera merilis patch untuk memperbaikinya.

Celah itu sebenarnya sudah pernah diungkap pada gelaran konferensi keamanan internet di Korea Utara 15 Desember 2010. Namun setelah banyak aplikasi yang bisa mengeksploitasi bug tersebut, Microsoft baru menyadarinya baru-baru ini.

Dikutip dari Computer World Kamis (6/1/2010), bug tersebut memanfaatkan celah pada sistem rendering grafis di Windows. Akibatnya, hacker dapat menanamkan malware yang bisa aktif ketika pengguna menggunakan tampilan thumbnail di Windows Explorer.

Ketika terinfeksi maka sang penyerang bisa leluasa mencuri data, mengambil alih jaringan, hingga membuat komputer korban bak 'zombie'. Ini tentunya sangat merepotkan, terlebih lagi jika pengguna banyak menyimpan data pribadi semacan internet banking.

Sembari menungu patch terbaru dirilis, Microsoft menyarankan pengguna untuk melakukan pembatasan aktifitas pada file shimgvw.dll, yakni komponen yang bertugas untuk memunculkan gambar secara thumbnail

*Sumber: detikinet.com (06/01/2011 )
*Sumber gambar: wanoja-edu.blogspot.com

6 komentar:

  1. inilah celah pakai windows. lebih enak pakai linux...

    BalasHapus
  2. Kenapa ya Windows rawan banget entah itu dari virus ataupun penyakit lainnya..

    BalasHapus
  3. wah ternyata. banyak sekali kelemahan windows yah.
    makasih infonya gan..

    BalasHapus
  4. Makasih buat informasinya, salam sukses.

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya
    salam kenal

    BalasHapus
  6. yang namanya windows emang banyak celahnya...makanya ganti ke Linux yukzz

    BalasHapus

    Followers