09 Januari 2011

Mari Men"diet"kan Komputer Kita di Tahun 2011

Sebelum kita lebih lanjut membahas tentang Men"diet"kan Komputer kita di tahun 2011 ini, terlebih dahulu saya ingin mengucapkan selamat tahun baru 2011 kepada pembaca blog KOMPI 01 sekalian. Semoga di tahun yang baru ini, kita mendapatkan semangat baru untuk melaksanakan resolusi-resolusi yang telah kita rencanakan di tahun 2011 ini.

Salah satu resolusi saya di tahun 2011 ini adalah men"diet"kan komputer saya agar tidak terlalu kegemukan yang mengakibatkan komputer menjadi lambat.

Laiknya seorang manusia yang mengalami kegemukan akibat timbunan lemak di tubuh, komputerpun dapat mengalami "kegemukan" sehingga dalam bekerja komputer menjadi lambat. Gemuknya komputer tentu bukan karena timbunan lemak seperti pada manusia. Akan tetapi yang membuat komputer gemuk adalah timbunan file-file yang terdapat pada RAM, ROM maupun hardisk kita.

"Lalu, bagaimana cara mendietkan komputer kita?"

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan agar komputer menjadi sedikit kurus dan lebih rapi.

1. Pengkategorian File

Berapa banyak file hasil download atau dokumen yang bercampur jadi satu di desktop atau My Documents? Untuk lebih merapikannya, buatlah pengkategorian pada file-file tersebut sesuai dengan jenisnya. Pengkategorian bisa berdasarkan selera pribadi masing-masing. Mungkin berdasarkan tanggal, tahun, jenis data dan lain-lain. Yang terpenting adalah memudahkan anda untuk mencarinya.

2. Membuat Katalog

Seperti pada sebuah perpustakaan, di komputer juga perlu membuat katalog agar-file-file tersebut mudah dicari. Buatlah katalog untuk dokumen, hasil download, file film atau musik sesuai dengan file-file yang ada pada komputer Anda.

3. Menghapus File yang Tidak perlu

Jangan biarkan komputer Anda terbebani oleh file-file yang sudah tidak digunakan. Buang file-file yang sudah tidak anda gunakan lagi. Bersihkan folder download. Untuk membersihkan file system yang sudah invalid, Anda bisa menggunakan tools Cleaner yang bisa Anda download di internet. Tetapi sebelum menghapus, Anda perlu memilah-memilah terlebih dahulu file-file tersebut atau membuatkan backup agar suatu saat nanti bila diperlukan dapat diambil kembali.

Itulah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk men"diet" komputer kita. Setelah Anda melaksanakan langkah-langkah di atas, lihatlah betapa komputer anda lebih rapi dan timbunan "lemak"nya sudah berkurang. Dari segi kinerja, komputer anda juga akan lebih gesit untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan. Semoga bermanfaat...!

Categories:

0 Comment:

Posting Komentar

    Followers