14 April 2010

Cara Membuat Blog di Blogspot

Setelah anda memiliki bekal untuk menjadi seorang blogger, Sekarang mungkin anda tertarik untuk membuat sebuah blog sebagai tempat untuk menuangkan ide, pikiran dan pandangan anda yang terpendam selama ini. Untuk itu dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk membuat sebuah blog. Mengingat blog saya berada di Blogger, maka langkah-langkah yang saya berikan ini adalah cara membuat blog di Blogger.com.

Ok..Marilah kita mulai membuat blog. Sekarang bukalah website http://www.blogger.com/ maka akan tampak tampilan depan dari Blogger



Gambar 1. Tampilan Depan Blogger.com


Jika anda sudah memiliki Google Account (account gmail), silahkan masukkan ID dan Password anda di kotak Sign In bagian atas dan Klik tombol Masuk. Maka anda akan segera berada pada form Beri Nama Blog.

Langkah-Langkah dalam membuat blog di Blogger.

Langkah 1. Membuat Google Account.

Sebagai langkah awal dalam pembuatan blog di Blogger, anda harus memiliki Google Account. Saran saya, sebaiknya anda membuat Google Account di Gmail.com. Ada banyak keuntungan jika membuat Account di Gmail diantaranya account anda mendapat email di Gmail, bisa digunakan sebagai account untuk pembuatan blog, mendaftar di Google Analytics, mengikuti program Google Adsense dan program-program lain milik Google.

Adapun cara membuat account di Gmail silahkan anda kunjungi http://www.gmail.com/dan Klik Sign Up. Setelah itu masukkan biodata diri, ID yang anda inginkan dan password yang mudah anda ingat.

Jika anda belum memiliki account Google, maka anda bisa mengikuti prosedur seperti gambar dibawah ini.




Gambar 2. Membuat Account Google


Setelah semua kotak anda isi, Klik Lanjutkan. Maka anda akan masuk pada form Pembuatan Blog.

Langkah 2. Beri nama Blog Anda
Disini anda diminta untuk mengisi Judul Blog ( Blog Title ). Kemudian nama blog anda untuk publikasi (tergantung ketersediaan). Cek Ketersediaan, Jika nama yang anda berikan sudah terpakai maka cobalah menggunakan nama lain dan biasanya oleh Blogger, anda diberikan alternatif nama yang bisa anda gunakan.



Gambar 3. Memberi nama Blog


Lalu klik tombol LANJUTKAN

Langkah 3. Memilih Template

Anda sekarang berada pada halaman Pilih Sebuah Template



Gambar 4. Memilih Template


Pilihlah template yang anda sukai dengan mengklik radio botton kemudian klik LANJUTKAN.
Maka sekrang Blog anda telah siap dan anda sudah bisa memulai memasukkan tulisan anda dengan mengklik tombol MULAI BLOGGING.

Gampang bukan? Anda tidak perlu menjadi seorang programmer handal untuk menjadi seorang blogger. Oh..ya...blog anda nanti akan memiliki format url http://blogsaya.blogspot.com dimana blogspot adalah host dari Blogger.com

Itulah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat blog di Blogger. Saran saya, anda langsung mempraktikkan langkah-langkah yang saya berikan itu di internet agar anda lebih memahami proses-proses dalam pembuatan Blog. Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk anda. Amin!

Categories:

0 Comment:

Posting Komentar

    Followers