14 April 2010

Bagaimana Mempublikasikan Blog Anda di Internet?

Bagaimana kawan? Apakah anda sudah berhasil membuat blog? Jika sudah, sekarang saatnya anda untuk mempublikasikan blog anda.

Mempublikasikan blog artinya adalah mengenalkan blog anda ke khalayak ramai agar blog anda mendapat pengunjung sehingga apa yang anda posting dalam blog anda bisa dibaca oleh orang-orang diluar sana.

Dalam mempublikasikan blog, anda harus tahu bagimana cara yang efektif agar blog anda mudah menyebar dan dikunjungi banyak orang. Cara-cara yang biasa digunakan adalah:

1. Mendaftarkan blog anda ke Search Engine
Mendaftarkan blog anda ke search engine mutlak diperlukan mengingat hampir sebagian besar orang mencari informasi dan data di internet melalui search engine dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang sesua. Kita mengenal beberapa search engine yang pupuler seperti Google, Yahoo,Altavista dan lain sebagainya.

2. Beriklan
Untuk mendatangkan traffic yang tinggi ke blog anda, Anda harus melakukan promosi (iklan). Promosi atau iklan ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Tentu saja yang berbayar lebih efektif karena memiliki target penyebaran iklan yang lebih luas dan frekuensi penayangan lebih banyak sehingga blog anda lebih sering dilihat oleh orang lain.

3. Membuat atau mengikuti mailinglist
Mailinglist adalah sebuah forum yang menghubungkan orang-orang dengan minat dan hobby tertentu lewat media email. Anda perlu mengikuti forum ini karena dengan sekali memposting artikel anda, maka semua anggota mailinglist akan menrimanya secara bersamaan

4. Blog Walking
Blog walking adalah melakukan kunjungan ke blog-blog lain yang memiliki topik yang sama dengan blog anda. Berkunjung tentu saja tidak hanya sekedar berkunjung,tetapi anda harus meninggalkan jejak pada blog tersebut, misalnya memberi komentar atau aktivitas lain pada blog tersebut. Blog walking dimaksudkan sebagai perkenalan anda kepada blogger-blogger lain di blogosphere

5. Bertukar Link
Bertukar link adalah saling menukar link blog anda dengan blog-blog yang sudah memiliki traffic yang tinggi.

Itulah diantara cara-cara mempublikasikan blog yang saya berikan pada anda sesuai dengan ilmu yang saya punya. Tentu masih banyak cara-cara lain yang lebih efektif yang bisa anda lakukan untuk mempublikasikan blog anda.

Categories:

0 Comment:

Posting Komentar

    Followers