27 November 2013

Mengenal Fitur-fitur Dasar MS Word 2007

Microsoft Word atau MS Word adalah software pemeroses kata yang terdapat pada paket MS Office. Pada MS Word, Anda bisa menulis artikel, surat, laporan dan dokumen-dokumen lainnya. Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan tentang dasar-dasar MS Word 2007 dimana MS Word 2007 merupakan versi yang berbeda dengan MS Word sebelumnya. Perbedaan mendasar adalah pada fitur-fiturnya yang lebih lengkap.

Jendela MS Word 2007


Dari jendela kerja MS Word 2007 di atas, maka dapat dijelaskan sebagai berikut:

Tombol MS Office


Di pojok kiri-atas jendela MS Word 2007 terdapat tombol MS Office. Jika Anda meng-klik tombol di atas, maka akan keluar menu-menu berupa, membuka layar kerja baru, membuka file lama, menyimpan file dan menu-menu lainnya

Toolbar Akses Menu Secara Cepat


Toolbar seperti gambar di atas, akan memberi kemudahan pada Anda untuk mengakses secara cepat menu-menu yang anda butuhkan seperti save, undo, redo dan menu lainnya yang sering Anda buka

Title Bar


Selanjutnya adalah title bar atau bar judul. Title bar akan memperlihatkan judul dari dokumen yang sedang terbuka pada jendela MS Word. Secara default, judul yang tampak adalah Document1. Apabila Anda merubah judul dari file, maka title bar akan berubah.

The Ribbon



Anda menggunakan perintah untuk memberitahu Microsoft Word apa yang harus dilakukan. Pada Microsoft Word 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Ribbon terletak di dekat bagian atas layar, di bawah Akses Cepat toolbar. Di bagian atas Ribbon beberapa tab, klik tab menampilkan beberapa kelompok perintah yang terkait. Dalam setiap kelompok yang terkait perintah tombol. Anda klik tombol untuk mengeluarkan perintah atau untuk mengakses menu dan kotak dialog. Anda juga dapat menemukan kotak dialog peluncur di sudut kanan bawah dari kelompok. Mengklik kotak dialog peluncur memberi Anda akses ke perintah tambahan melalui kotak dialog.

The Ruler


The Ruler dapat ditemukan di Ribbon. Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengubah format dokumen Anda dengan cepat. Jika the ruler Anda tidak terlihat, ikuti langkah-langkah yang tercantum di sini:


1.Klik tab View untuk memilihnya.
2.Centang di sebelah Ruler di grup Show / Hide. Ruler muncul di bawah Ribbon.

Text Area


Tepat di bawah penguasa merupakan daerah besar yang disebut area teks Anda mengetik dokumen Anda di area teks. Garis vertikal berkedip di sudut kiri atas area teks adalah kursor. Ini menandai titik penyisipan Saat Anda mengetik, Anda menampilkan teks pada lokasi kursor. Garis horizontal di sebelah kursor menandai akhir dokumen.

Vertical dan Horizontal Scroll Bar

Scroll bar vertikal dan horizontal memungkinkan Anda untuk bergerak ke atas, ke bawah, dan di jendela Anda cukup dengan menyeret ikon yang terletak di scroll bar. Scroll bar vertikal terletak di sepanjang sisi kanan layar. Horizontal scroll bar yang terletak tepat di atas status bar. Untuk bergerak ke atas dan ke bawah dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar vertikal atas dan ke bawah. Untuk bergerak bolak-balik melintasi dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar horisontal bolak-balik. Anda tidak akan melihat horizontal scroll bar jika lebar dokumen Anda sesuai pada layar Anda.  

Status Bar


Status bar akan muncul di bagian paling bawah jendela Anda dan memberikan informasi seperti halaman saat ini dan jumlah kata dalam dokumen Anda. Anda dapat mengubah apa yang ditampilkan pada bar Status dengan mengklik kanan pada panel Status dan memilih opsi yang Anda inginkan dari menu Customize Status Bar. Anda mengklik item menu untuk memilihnya. Anda klik lagi untuk membatalkan pilihan itu. Sebuah tanda centang di sebelah item berarti dipilih.

Itulah beberapa fitur-fitur dasar MS Word 2007 yang bisa saya jelaskan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Categories:

0 Comment:

Posting Komentar

    Followers