28 Oktober 2012

Tablet Windows 8 Dilengkapi Penangkal Virus

Tablet PC sudah lebih dari sekadar perangkat untuk berinternet. Banyak pengguna yang menyimpan data pribadi seperti foto, musik, ataupun video dalam perangkat andalan mereka. Bahkan tak terkecuali file urusan kantor.

Namun seperti diketahui, fitur personalisasi yang dapat meningkatkan keamanan dan menjaga hal privat di perangkat tablet PC masih belum sekuat di komputer (PC atau notebook).

Nah, celah inilah yang coba diisi Windows 8 kala terjun ke ranah tablet PC. Mereka mengklaim personalisasi tablet Windows 8 akan lebih secure (aman).

"Tablet Windows 8 dipastikan memiliki keamanan personalisasi melalui fitur Windows Log On," tegas Andreas Diantoro selaku Presiden Direktur Microsoft Indonesia di sela peluncuran Windows 8 di Jakarta, Sabtu (27/10/2012).

Ia menambahkan, fitur Log On sebenarnya sudah ada pada versi-versi Windows sebelumnya. Namun sistem operasi untuk tablet yang pertama menggunakan fitur ini adalah Windows 8.

Fitur Log On adalah profil personalisasi yang selama ini ada pada Windows yang mana mengharuskan pengguna memasukkan password sebelum masuk ke tampilan desktop.

Namun bila pengguna ingin meminjamkan tablet miliknya ke pengguna lainnya, pemilik tablet hanya perlu mengaktifkan fitur guest atau membuat akun lain pada perangkatnya.

Dengan begitu data rahasia/privat yang ada pada perangkat tablet hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki otorisasi.

Selain itu kelebihan tablet yang menggunakan Windows 8 adalah terkait keberadaan software anti virus yang sudah terintegrasi di dalamnya, yakni Windows Defender.

Dengan adanya anti virus ini, Microsoft mengklaim bahwa pengguna tablet Windows 8 sudah terlindungi dari ancaman virus sejak tablet tersebut pertama kali digunakan.

Namun bila pengguna ingin menggunakan antivirus lain, secara otomatis Windows Defender akan ter-disable sesaat setelah anti virus lain diinstal.

Sebaliknya, bila anti virus lain tersebut dinonaktifkan (uninstal), dengan sendirinya Windows Defender akan aktif kembali.

Sumber: detikInet

Categories: , ,

0 Comment:

Posting Komentar

    Followers