16 Oktober 2012

Mungkinkah Satu Keping Compact Disk Berkapasitas 1 Terabyte?

Hal inilah yang sedang diteliti oleh para ilmuwan dari Case Western Reserve University, Amerika Serikat. Para ilmuwan tersebut mencoba melakukan lompatan luar biasa untuk penyimpanan digital ini. Jika selama ini, yang kita tahu kapasitas penyimpanan 1 keping cakram disk berkisar pada ukuran GB, kini para ilmuwan berusaha untuk menggenjot kapasitas satu cakram disk sehingga bisa menyimpan kapasitas di antara 1-2 terabyte

 Teknologi ini nantinya diharapkan dapat menggantikan teknologi tape-backup yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menyimpan data digital mereka.

 "Penyimpanan dengan keping disk selain lebih murah juga dapat diakses lebih cepat. Anda tinggal mencari data yang diinginkan di komputer dan dia (data tersebut-red.) akan muncul dalam beberapa detik. Sementara untuk model tape memerlukan beberapa menit untuk mencari data tertentu," kata Kenneth Singer, seorang profesor fisika dan pendiri Folio Photonics, yang ikut dalam penelitian ini, seperti dikuti detikInet dari Techpowerup, Selasa (16/10/2012).

 Teknologi ini pertama kali dikembangkan di Center for Layered Polymeric Systems. Singer dan rekannya -- Valle -- berkolaborasi dengan kolega mereka, profesor Eric Baer, dengan menciptakan film optik dengan 64 lapisan data.

Untuk mengisi disk ini memang tidak sesederhana seperti disk pada umumnya, namun yang diandalkan adalah kemampuannya untuk menyimpan data berukuran besar dan ketahanannya saat menjaga data di dalamnya dalam waktu lama.

Singer berharap menunjukan prototipe disk dan playernya dalam waktu satu tahun dari sekarang.

Sumber: detikInet

Categories:

0 Comment:

Posting Komentar

    Followers