23 April 2011

Cara Mengatasi Komputer Hang

Menyambung postingan saya sebelumnya tentang "8 Penyebab Komputer Hang", maka dalam postingan kali ini, saya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah hang yang mungkin terjadi pada komputer Anda.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hang pada komputer. Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol Ctrl-Alt-Delete secara bersamaan, setelah itu komputer akan melakukaan reebot. Cara ini adalah cara paling cepat untuk mengatasi hang pada komputer Anda namun tidak akan menyelesaikan masalah hang secara menyeluruh. Artinya suatu saat hang akan kembali terjadi. Cara yang kedua adalah dengan melakukan troubleshooting pada komputer Anda yaitu mencari akar permasalahan terhadap penyebab hang, menganalisanya dan mencarikan solusi yang memungkinkan untuk mengatasi hang tersebut.

Untuk lebih jelasnya, saya akan menguraikan cara mengatasi 8 penyebab hang tersebut.

1. Jika hang disebabkan oleh kemungkinan kondisi hardisk yang rusak (bad sector) maka anda harus mendeteksinya terlebih dahulu dengan melakukan ScanDisk yang langsung bisa Anda lakukan dari windows atau menggunakan software-software utilities lainnya. Apabila kondisi kerusakan hardisk sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan, segeralah ganti hardisk anda dengan yang baru.

2. Jika hang disebabkan oleh overheating prosessor maka Anda perlu memeriksa kipas atau pendingin prosessor. Jika terjadi panas yang berlebihan, maka anda perlu menambahkan kipas atau memperbaiki sistem pendingin pada prosessor anda.

3. Untuk mengatasi konflik antar hardware, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada port-port ataupun sistem pengalamatan pada komputer anda melalui System Properties > Device Manager. Periksalah port ataupun pengalamatan hardware komputer anda apakah sudah sesuai ataupun tidak. Apabila terjadi crash, rakit ulang pemasangan perangkat keras di komputer anda.

4. Kondisi RAM yang buruk bisa disebabkan oleh lamanya waktu pemakaian. Karena itu anda bisa melakukan penggantian pada RAM anda dengan yang baru dan menambah kapasitas memori RAM anda sesuai dengan kebutuhan, sebab kapasitas RAM juga mempengaruhi performa komputer anda.

5. Setiap Motherboard memiliki settingan Chipset sesuai dengan pabrik buatan masing-masing. Setiap anda memasuki BIOS anda harus ingat untuk berhati2 dalam menyetting konfigurasi karena apabila konfigurasi anda salah maka akan menyebabkan ketidakstabilan pada pc dan crash. Apabila anda ragu-ragu dengan settingan BIOS anda, kembalikan ke default yaitu settingan standar pabrik.

6. Untuk mengatasi Fatal OE exceptions and VXD errors yang biasanya disebabkan oleh masalah pada VGA anda. VGA meruapakan salah satu hardware yang sering sekali menyebabkan masalah pada pc anda. Lakukan instalasi Drive yang benar pada VGA apabila PC anda mengalami screen freeze / hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada vga anda.

7. Pasanglah antivirus untuk menanggulangi serangan virus yang menyebabkan hilangnya file-file penting pada komputer anda.

8. Untuk mengatasi Crash yang disebabkan oleh software yang disebabkan oleh buruknya proses instal dan uninstal dari sebuah software.Untuk kasus seperti ini anda membutuhkan software pembersih registry. Banyak jenis software seperti ini dan banyak pula yang gratis. Dengan software ini maka registry tidak perlu yang masih tersisa dari proses uninstal tidak sempurna bisa dihapus.

Itulah solusi-solusi yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman saya dalam menghadapi hang pada komputer. Semoga bermanfaat untuk anda.

Categories:

4 komentar:

  1. Terimakasih sharingnya..

    kalo hang, trs langsung cabut kabelnya, itu bagus nggak ya...?

    BalasHapus
  2. Mantabs... segere dicoba... Thanks Gan infonya...

    BalasHapus
  3. bila komputer sering lemot maka itu tanda2 awal akan terjadi hang.
    thks sharenya.

    BalasHapus
  4. Gabagus kalo langsung dicabut! tapi kalo udah terlanjur ngehang, ya itu satu-satunya cara. Kalo Kabel langsung dicabut gitu, komputer bisa error!

    BalasHapus

    Followers