16 Desember 2010

Langkah-langkah Instalasi Windows 7

Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista. Windows ini memiliki kernel NT 6.1. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista. Bagi Anda yang ingin menginstal windows 7 di PC atau laptop, berikut akan saya berikan panduan instalasi windows 7.

Menginstalasi Windows 7 sama dengan menginstalasi Windows Vista. Berdasarkan pengalaman saya, menginstal Windows 7 jauh lebih cepat daripada menginstal Windows Vista yaitu hanya butuh waktu sekitar 20 menitan. Hal ini membuktikan bahwa Microsoft telah meningkatkan kinerja Windows 7 berdasarkan kekurangan-kekurangan yang mereka lakukan pada pendahulunya, yaitu Windows Vista.

Berikut langkah-langkah instalasi Windows 7:

1. Menyiapkan DVD yang berisi ISO Image (installer) Windows 7

Pastikan Anda menggunakan Istaller Windows 7 yang berbayar (karena pembajakan katanya UU HAKI). Atau jika Anda belum punya, Anda bisa membakarnya dari file download Windows 7. Anda tinggal menyiapkan DVD Burner, kepingan DVD kosong dan Software DVD burning semisal Nero. Jika sudah, maka siap untuk digunakan menginstal Windows 7 di PC Anda.

2. Menyetting Komputer dan BIOS
Sekarang nyalakan komputer Anda. Untuk sebagian kasus, Anda diharuskan menyetting BIOS komputer anda. Yang diubah biasanya adalah "first booting" dan "OS". Untuk first booting, Anda harus mengubahnya ke CD/DVD ROOM drive dan OS nya ke Vista. Jika sudah, pilih menu Save & Exit

3. Booting Up dan Instalasi Langkah pertama
Sekarang Restart kembali komputer dan proses instalasi akan mulai berjalan. Bacalah petunjuk di setiap halaman sebelum mengklik tombol Next untuk menghindari kesalahan. Jika ada Opsi-opsi pilihan, Anda bisa memilihnya berdasarkan gambar-gambar di bawah ini:


Meloading file-file Instalasi



Memulai Instalasi



Screen Awal



Regionals Setting


Disini, anda bisa memilih bahasa yang digunakan untuk menginstalasi, Format waktu dan tanggal serta keyboard dan input metode.


Layar ini adalah tempat wizard penginstalan dimulai. Anda bisa melihat opsi-opsi yang ada pada tombol bagian bawah dan untuk kelengkapan pengetahuan, Anda bisa membuka dan menggunakannya. Namun jika Anda ingin langsung menginstalasi silahkan tekan tombol "Install Now".





Ini adalah layar untuk persetujuan syarat dan prasyarat dari microsoft berkaitan dengan Windows 7 yang anda instal. Centang "I Accept the License Terms" Jika anda menyetujuinya.

Layar ini adalah tempat untuk memilih type instalasi yang anda inginkan. Apakah upgrade dari windows yang lain atau memilih costum untuk memilih file-file sesuai keinginan anda.


Pada layar ini, Anda akan ditanya, dimanakah tempat Anda menginstal windows? Maksudnya adalah drive di komputer anda, apakah drive C , D dan seterusnya. Sebagian besar orang langsung di drive C.


Klik Drive Option pada layar sebelumnya, maka akan keluarlah layah diatas ini. Layar ini merupakan Opsi untuk memanage Partisi hardisk secara lengkap. Di dalamnya ada menu-menu "Delete", "Format", "New", "Extend". Untuk membuat partisi baru klik tombol New. Namun jika Anda memiliki daftar partisi di layar sebelumnya, pilih satu di mana Anda berencana untuk menginstal windows 7 dan klik Format. Kemudian klik 'Next' untuk melanjutkan.



Opsi 'New' menyediakan kotak teks untuk memasukkan ukuran partisi yang ingin Anda ciptakan dalam MBs. Klik tombol Apply untuk melanjutkan. Anda mungkin akan disambut dengan pesan Untuk memastikan bahwa semua fitur Windows bekerja dengan benar, Windows bisa membuat partisi tambahan untuk file sistem. . Ini adalah fitur baru di Windows 7 untuk memiliki partisi boot kecil untuk file sistem. Klik "Apply" melanjutkan.



Pilih partisi yang baru anda buat dan klik Next untuk melanjutkan.



So...sekarang instalasi sedangkan dilaksanakan. Anda bisa mengambil secangkir kopi dan camilan. Dan bersantailah sambil menunggu proses instalasi. Selamat bekerja...!

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_7
http://www.techtalkz.com/windows-7/514412-windows-7-installation-guide-tutorial.html

Sumber Gambar:http://www.techtalkz.com

Categories: ,

0 Comment:

Poskan Komentar

    Followers