16 Desember 2010

Cara Mudah Mengenalkan Situs atau Blog Anda ke Search Engine

Bagi Anda yang baru selesai membuat blog dan telah mengisinya dengan tulisan-tulisan Anda, kini tibalah saatnya untuk mempublikasikan blog Anda ke dunia luar. Tujuannya adalah agar blog Anda ramai dikunjungi dab dibaca oleh orang-orang yang sedang mencari informasi, data dan file-file lain di internet sesuai dengan harapan dan tujuan Anda "ngeblog".

Banyak cara dan metode yang bisa Anda gunakan untuk mempublikasikan blog. Salah satunya adalah mendaftarkannya ke Search Engine yaitu mesin pencari di internet. Search Engine telah di klaim bisa mendatangkan traffic yang besar dari pengunjung yang mencari situs atau blog lewat "kotak pencarian" yang disediakan oleh search engine. Cara kerjanya adalah pengunjung mengetikkan kata kunci (keyword) di kotak pencarian dan search engine akan menapilkan hasil berupa situs atau blog di halamannya sesuai dengan kata kunci yang diketikkan.

Di internet, kita mengenal banyak search engine. Diantaranya yang terkenal adalah Google.com, Yahoo Search dan Bing miliknya microsoft. Selain yang tiga itu, tentu masih banyak sekali search engine yang lain dan juga bisa anda gunakan untuk mendaftarkan situs atau blog Anda.

Ada dua cara untuk mendaftarkan situs atau blog ke search engine yaitu:

1. Cara Manual yaitu dengan memasukkan url situs atau blog anda di masing-masing search engine secara manual atau satu persatu.
2. Cara Otomatis yaitu dengan menggunakan layanan pihak ke tiga untuk mendaptarkan situs atau blog anda secara otomatis ke banyak search engine.

Dari kedua cara itu, terserah anda mau menggunakan cara yang mana. Tapi saya merekomendasikan pada Anda untuk menggunakan cara manual sebab cara manual lebih meyakinkan bahwa situs atau blog anda akan di index oleh search engine dan juga relativ aman. Di sisi lain, menggunakan cara otomatis juga tidak masalah karena Anda tidak harus repot mendaptarkan situs atau blog anda ke masing-masing search engine secara manual. Namun tentu tidak ada jaminan dari pihak ke tiga bahwa situs atau blog Anda sudah masuk ke search engine.

Cara Manual


Berikut akan saya berikan pada Anda formulir pengajuan manual di search engine populer:

Tiga Search Engine itulah yang sering digunakan oleh para pengunjung internet untuk mencari situs atau blog yan mereka inginkan.

Cara Otomatis

Berikut adalah beberapa layanan otomatis untuk mendaptarkan situs atau blog anda ke multiple search engine populer di internet:
  • Free Search Engine Submission - mendaftarkan situs atau blog anda ke 40 search engine yang berbeda
  • Free Submission - memberikan Anda kesempatan untuk mendaftarkan situs atau blog anda ke 20 search engine yang berbeda secara gratis
  • Submit Express - mendaftarkan situs atau blog Anda ke lebih dari 35 serach engine di internet

Sekarang keputusan di tangan Anda. Mau memakai yang manual atau yang otomatis? Apapun metode yang Anda gunakan, tujuan akhirnya adalah mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya ke situs atau blog Anda. Selamat berkarya dan semoga sukses!

1 komentar:

    Followers