13 Maret 2010

3 Cara mudah Mempelajari Ilmu Komputer

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mempelajari ilmu komputer? Berdasarkan pengalaman pribadi saya, belajar ilmu komputer itu sangat mudah jika kita memiliki minat dan kemauan yang keras untuk mempelajarinya. Belajar ilmu komputer tentu tidak sama dengan mempelajari PPKN atau ilmu-ilmu sosial lainnya. Akan tetapi karena ilmu komputer adalah ilmu terapan, maka Anda harus memperaktikkannya langsung di depan komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang anda pelajari. Berikut adalah 3 cara mudah yang bisa Anda lakukan agar cepat memahami dan menguasai ilmu komputer.

1. Membaca Literatur-literatur tentang Komputer

Untuk mendapatkan literatur-literatur komputer tidaklah susah. Anda bisa mendapatkannya di toko buku, perpustakaan, majalah-majalah komputer atau bahkan di internet. Saat ini banyak sekali literatur internet yang bertebaran di sekitar Anda. Biasanya literatur tersebut berbentuk panduan praktis, tutorial dan informasi-informasi yang berkaitan yang ditulis oleh orang-orang yang ahli di bidang komputer. Literatur-literatur tersebut kemudian anda baca dan pahami sebagai bekal Anda untuk mempelajari ilmu komputer.

2. Memperaktekkan Langsung di Depan Komputer

Setelah Anda membaca literatur-literatur tersebut, selanjutnya Anda harus memperaktikkan apa yang Anda baca itu di depan komputer Anda. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman Anda dan membiasakan diri untuk bekerja dengan komputer sehingga kemampuan Anda dalam bidang komputer terus meningkat berdasarkan ilmu dan pengalaman Anda.

3. Belajar Membuat Program-program sederhana

Bagi Anda yang berminat pada dunia pemerograman, Anda bisa belajar dengan cara mencoba membuat program-program sederhana di komputer Anda sesuai dengan program-program yang ingin Anda pelajari dengan sistem try and error sehingga lambat laun, Anda akan terbiasa membuat dan menjalankan program tersebut. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Anda, maka perlahan tapi pasti Anda akan memahami dan menguasai apa yang Anda pelajari.

Itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan dalam mempelajari ilmu komputer. Selain ke tiga cara itu, faktor minat, kemauan dan kedisiplinan sangat besar pengaruhnya pada keberhasilan Anda dalam memahami dan menguasai ilmu komputer. Semoga apa yang saya tuliskan pada postingan ini bermanfaat untuk Anda.

Categories:

1 komentar:

  1. Praktek langsung akan lbih mudah memahami. tipsnya bagus, sukses selalu gan.

    BalasHapus

    Followers